DPRD Desak Wali Kota Lakukan Mutasi


Pejabat yang Terlibat Sosialisasi Pasangan Calon

Anggota DPRD Parepare, Abd Rahman Saleh, meminta ketegasan penjabat Wali Kota Parepare, A Sulham Hasan, untuk memutasi oknum pejabat setempat yang terbukti terlibat sosialisasi salah satu pasangan calon di Pilkada Parepare 2008.
Rahman mengemukakan hal itu, menanggapi hasil temuan Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Parepare mengenai keterlibatan dua camat dan aparatnya dalam sosialisasi pasangan calon wali kota dan wakil wali kota tertentu.

“Kami minta bapak wali kota memutasi aparaturnya yang terbukti
terlibat dalam kegiatan dukung-mendukung salah satu pasangan calon, agar nantinya tidak menjadi pemicu cederanya pilkada damai,” kata politisi PKS itu.
Rahman yang juga maju di Pilkada Parepare 2008 sebagai calon wakil wali kota pendamping Tajuddin Kammisi, menegaskan, dengan mutasi itu, maka dapat mencegah indikasi adanya pengalihan dana bantuan untuk masyarakat ke penerima yang tidak selayaknya.
“Karena ada indikasi, bantuan dana untuk masyarakat yang dikelola pihak kecamatan dan kelurahan kerap hanya diberikan ke orang-orang tertentu saja atau untuk kepentingan tim pasangan
calon tertentu,” terangnya.
“Saya sendiri akan melaporkan adanya keterlibatan aparatur pemerintah dalam kegiatan kampanye di Parepare ini ke gubernur. Sebab hal itu telah melecehkan amanah gubernur,” tambah Rahman Saleh.
Permintaan serupa disuarakan Wakil Ketua DPRD Parepare, A Siradz Sapada. Politisi PDK yang menjabat Ketua Tim Pemenangan Faisal A Sapada-Paseng Madong (FAS-Dong) ini juga meminta penjabat wali kota bertindak tegas dan menjatuhkan sanksi kepada aparatur itu.
“Saya minta wali kota bertindak tegas kepada oknum tersebut, karena telah melecehkan amanah wali kota dan gubernur,” kata Sirdaz.
Sebelumnya, Panwas Parepare meminta keterangan tiga camat setempat yakni Camat Ujung Kadarusman, Camat Soreang Rasdi Adam, dan Sekretaris Kecamatan Bacukiki A Abdullah, setelah menerima laporan dari masyarakat mengenai keterlibatan mereka dalam kegiatan tim salah satu pasangan calon yang dibuktikan
dengan rekaman video.
Berdasarkan hasil pemeriksaan, Ketua Panwas Parepare, Sulhayat Takdir, mengungkapkan, ketiganya mengakui terlibat dalam kegiatan itu dan mereka telah membuat surat pernyataan tidak akan mengulang lagi.

Inspektorat Tunggu Laporan

KEPALA Badan Pengawasan Daerah (Bawasda) atau Inspektorat Kota Parepare, M Hatta Buroncong, yang dihubungi terpisah, mengatakan, sudah mendengar kabar
adanya oknum camat dan pejabat yang terlibat kegiatan salah satu tim pasangan calon.
Meski demikian, pihaknya tidak akan langsung memeriksa oknum pegawai negeri sipil (PNS) ini sebelum ada laporan resmi dari
masyarakat.
“Kalau sudah ada laporannya masuk, tentu segera kami tindaklanjuti,” kata Hatta.
Ditambahkan, tim pemeriksa inspektorat juga bisa menindaklanjuti laporan keterlibatan oknum PNS itu jika panwas melaporkan temuannya ke inspketorat.

Advertisements

About Andio HP Saade

Blog ini kupersembahkan untuk semua saudara, teman, kerabat dan keluarga tentunya my bigboy is Bilal Andi Ramadhan View all posts by Andio HP Saade

One response to “DPRD Desak Wali Kota Lakukan Mutasi

You must be logged in to post a comment.

%d bloggers like this: