Dua Figur Mencuat Dampingi Kadir Pais


Dua nama tokoh di Pinrang, Kepala Dinas Pertanian Pinrang Amir Mangopo dan Manajer Community Relations PT INCO Sawedi Muhammad, disebut-sebut akan menjadi calon wakil bupati (wabup) mendampingi Kadir Pais di Pilkada Pinrang 2008, akhir Oktober mendatang.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pinrang dan KPU Sulsel sepakat menggugurkan Nurdin Didu (Aku Rindu) yang berpaket dengan Kadir, karena faktor kesehatan. KPU mengacu pada rekomendasi IDI Sulsel.
KPU memberi kesempatan seminggu kepada parpol pengusung untuk mencari pengganti Nurdin. Parpol pengusung dimaksud adalah PBR, PKS, Demokrat, PSI, PKPB, dan Pelopor.
Sawedi yang dikonfirmasi, kemarin, menyatakan merespon positif dan berterima kasih atas ajakan masyarakat Pinrang untuk menjadi pendamping Kadir.
Ia berjanji akan mempelajari secara detil ajakan itu. Namun, ia merasa belum saatnya, karena masih ingin menimba banyak ilmu sebagai pekerja profesional di PT INCO untuk bekal membangun Pinrang kelak.

KPU Pusat

Sementara itu, tim pemenangan Aku Rindu berencana berkonsultasi dengan KPU Pusat di Jakarta, Rabu (6/8) hari ini.
Direktur tim pemenangan Aku Rindu, Yusuf Timbangi, kemarin,

menegaskan, timnya tidak menerima keputusan KPU Pinrang
yang menggugurkan Nurdin.
“Kami sudah menyurat ke KPU Pusat. Jawabannya kita tunggu paling lambat besok (hari ini). Jika belum ada jawaban, tim akan
berangkat ke Jakarta meminta KPU Pusat meninjau kembali
keputusan KPU Pinrang,” kta Yusti, panggilan akrab Yusuf.
Menurutnya, KPU Pinrang tidak punya landasan hukum menggurukan Nurdin. Sebab, dalam Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2008, tidak disebutkan adanya persyaratan sehat atau tidaknya calon.
“Di situ hanya disebutkan, setiap calon harus menyerahkan surat
hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter, dalam hal ini tim dokter IDI yang ditunjuk oleh KPU,” jelasnya.
Mengenai calon pengganti, Yusti mengemukakan, belum ada pertimbangan ke arah itu. Aku Rindu lebih fokus melakukan upaya memperjuangkan Nurdin.
“Mengenai pengganti Nurdin, itu kewenangan parpol pengusung. Wacana yang saya dengar di parpol pengusung, sudah ada dua
calon untuk mengganti,” katanya.
Ia menyebut kedua figur itu adalah Amir Mangopo dan Sawedi Muhammad.

Advertisements

About Andio HP Saade

Blog ini kupersembahkan untuk semua saudara, teman, kerabat dan keluarga tentunya my bigboy is Bilal Andi Ramadhan View all posts by Andio HP Saade

You must be logged in to post a comment.

%d bloggers like this: