Polisi Siapkan Tujuh Pos Pengamanan


Operasi Ketupat Lipu Jelang Liburan
 
Kepolisian Resor Kota (Polresta) Parepare menyiapkan tujuh pos siaga di beberapa titik dalam kaitan Operasi Ketupat Lipu untuk melayani arus mudik di Kota Bandar Madani, menjelang dan setelah Idulfitri 1429 Hijriah. Hari raya Idulfitri diperkirakan 1 Oktober.
 
Ketujuh pos pelayanan itu merupakan pos pengamanan (pospam) dan pos komando taktis (poskotis). Pos itu juga sekaligus untuk menjaga kelancaran dan keamanan arus mudik, baik darat maupun laut.
"Operasi ini bertujuan untuk mengamankan arus mudik sebelum Lebaran dan arus balik. Pelaksanaannya pada H-7 dan H+7," kata Kabag Ops Polresta Parepare, Kompol Rober Da Costa, Minggu (14/9).
Kepolisian setempat akan menggelar Operasi Ketupat Lipu, 24 September hingga 6 Oktober 2008 yang dicanangkan dalam upacara di Lapangan A Makkasau. Sebanyak 200-an personel polresta akan dikerahkan dalam operasi itu.
Lokasi pos siaga di depan Pasar Sumpang Minangae, Pelabuhan Nusantara Parepare, depan Terminal Soreang, depan terminal Lapadde, depan Pasar Lakessi, dan Pasar Senggol Parepare.
Pos-pos siaga itu juga dapat dimanfaatkan pemudik, baik sebelum dan sesudah Lebaran untuk beristirahat. Sebab, pos itu juga berfungsi sebagai tempat pelayanan informasi mudik.
"Selain itu, pos ini juga kita siapkan untuk melayani kesehatan pemudik dan bengkel bagi kendaraan mereka yang teknisnya diatur oleh bagian satuan lalu lintas," ujarnya.

Hindari Jalan Macet

KEMACETN jalan menjelang H-6 dan H+7 Idulfitri 1429 Hijriah juga akan menjadi sasaran operasi Ketupat Lipu yang dikoordinir Robert Da Costa.
Bagi pengendara atau pemudik diimbau memilih jalan alternatif jika ingin menghindari lokasi rawan macet di Parepare. Beberapa jalan rawan macet seperti Jl Bau Massepe, Jl Lasinrang, dan Jl Sultan Hasanuddin.
Jalan-jalan rawan macet tersebut akan dipantau polisi untuk
antisipasi. Di lokasi itu, dalam sehari tercatat melintas sebanyak 28 unit bus dan 18 unit non-bus penumpang, belum termasuk kendaraan lain.


suliandio7.blogspot.com

Advertisements

About Andio HP Saade

Blog ini kupersembahkan untuk semua saudara, teman, kerabat dan keluarga tentunya my bigboy is Bilal Andi Ramadhan View all posts by Andio HP Saade

You must be logged in to post a comment.

%d bloggers like this: