‘Maggasing’ Kini Semakin Punah



Foto (1) Tampak anak sedang menanti gasingnya di lempar oleh pemain lainnya.

Ma’gasing adalah penamaan dalam bahasa Bugis sedangkan orang Makassar menamainya akgasing yang dalam bahasa Indonesia umumnya dikenal dengan bermain gasing.Penamaan permainan ini bersumber dari peralatan pokok yang digunakan dalam bermain yaitu gasing.


Foto (2); Mulai dari anak-anak sampei orang dewasa ikut bermain gasing di Desa Bila Riase Kec. Pituriase, Sidrap, Sulsel.

Permainan gasing dapat dilakukan dipagi atau sore hari sebagai pengisi waktu senggang, juga diikut sertakan pada upacara-upacara pesta panen.Selain berfungsi sebagai sekedar permainan juga biasanya bersifat kompetitif dan dijadikan sarana pertaruhan. Menimbulkan suasana kegemberiaan dan juga senantiasa tegang, karena masing-masing pemain berusaha untuk memenangkan permainan.


Foto (3) Tampak penontong ‘maaf okkot ki cess heee’ begitu seiurs mengikuti magassing ini.

Permainan ini bersifat musiman yaitu sesudah panen atau dimusim kemarau, hal ini disebabkan lokasi permainan yang membutuhkan tanah keras dan datar.


Advertisements

About Andio HP Saade

Blog ini kupersembahkan untuk semua saudara, teman, kerabat dan keluarga tentunya my bigboy is Bilal Andi Ramadhan View all posts by Andio HP Saade

You must be logged in to post a comment.

%d bloggers like this: