Jejak Bugis Makassar di Tanah Jawa Dalam Film


PENDAPAT yang menyebutkan bahwa bangsa Indonesia lahir berkat perjuangan etnis tertentu adalah keliru. Bangsa ini lahir dari pergolakan multietnis yang tersebar di seluruh Nusantara. Orang Bugis Makassar sedikit banyak telah memberi andil eksistensi sejumlah kerajaan di Nusantara.Salah satunya Kerajaan Mataram yang juga dikenal sebagai Kerajaan Yogyakarta. Namun cerita ini masih kurang yang tahu. Sama halnya masih minimnya yang tahu bahwa darah Bugis-Makassar juga dalam tubuh dr Wahidin Sudirohusodo, pelopor Budi Utomo.Fakta tersebut mengungkap betapa etnis Bugis Makassar yang tersohor sebagai pelaut ulung sekaligus perantau ulung telah melahirkan tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya bangsa Indonesia.

Sepenggal jejak manusia Bugis di Pulau Jawa tersebut bisa dilihat dalam film epik Diaspora Bugis Makassar dan Kebangkitan Nasional (DBMKN) yang diproduksi Masyarakat Sejarawan Indonesia dan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI.Film DBMKN tersebut dipertontonkan di Ruang Rapat A, Gedung Rektorat Unhas, Tamalanrea, Makassar, Rabu (27/05). Sejumlah dosen, mahasiswa, dan sejumlah wartawan media cetak dan elektronik di Makassar, termasuk penulis, ikut menyaksikan penayangan film ini.Kepala Badan Sensor Film Indonesia (BSFI) Dr Mukhlis Paeni juga ikut nonton sekaligus membedah film ini.Film berdurasi 23 menit itu berusaha merekam jejak Bugis Makassar di Tanah Jawa melalui karakter Karaeng Dg Naba dan Karaeng Galesong.Penelusuran genetis dr Wahidin Sudirohusodo itu berawal pada bangsawan Bugis Makassar, Karaeng Daeng Naba yang mengembara ke Jawa setelah Kerajaan Gowa takluk pada Kompeni Belanda di tahun 1669.Di Jawa, Daeng Naba terlibat dalam intrik perebutan kekuasaan antara Trunajaya melawan Mataram, yang mengantarkan Daeng Naba pada posisi negosiator antara pasukan Trunajaya, Madura, dan Karaeng Galesong. Daeng Naba mengupayakan agar di medan pertempuran nanti pasukan Trunajaya, Madura, dan Karaeng Galesong tidak berhadapan dengan pasukan Mataram melainkan berhadapan dengan pasukan kompeni. Eksistensi Kerajaan Mataram hingga saat ini, sedikit banyak Daeng Naba telah memberikan andilnya. (suryana anas)

Advertisements

About Andio HP Saade

Blog ini kupersembahkan untuk semua saudara, teman, kerabat dan keluarga tentunya my bigboy is Bilal Andi Ramadhan View all posts by Andio HP Saade

One response to “Jejak Bugis Makassar di Tanah Jawa Dalam Film

You must be logged in to post a comment.

%d bloggers like this: