Tempointeraktif.Com – Menanti Hari-hari Pengungkapan Century


Hanya selang 12 jam terpilihnya ketua Panitia Khusus Angket Century, Sri Mulyani terlihat datang ke rumah Suryadharma Ali di Widya Chandra, Sabtu (5/12) pagi tadi. Menteri Keuangan ini mengaku akan menyerahkan bahan-bahan soal Century kepada ketua Partai Persatuan Pembangunan

Meski isunya Sri Mulyani diperintahkan Presiden Yudhoyono mendatangi tokoh partai politik itu, namun Suryadharma buru-buru menepisnya. “Tidak, ini murni undangan saya, ujarnya.

Sementara Idrus Marham menang telak menjadi ketua Panitia Khusus Angket Century, Jum’at (4/12) malam. Ada 19 suara dari 30 suara yang ada memilih dia. Padahal beberapa jam sebelum pemilihan, suara sumbang memojokkan tokoh Golkar ini. Namun, beberapa pengamat meragukan kemampuan panitia ini untuk mengusut tuntas kasus Century.
Arbi Sanit, pengamat politik dari Universitas Indonesia, menilai terpilihnya politikus Partai Golkar, Idrus Marham, sebagai Ketua Panitia Khusus Angket Bank Century dapat memandulkan kerja panitia angket. “Ini seperti bayi yang lahir dalam keadaan lumpuh. Kerja panitia angket tak akan efektif,” kata Arbi saat dihubungi, Sabtu (5/12).

Arbi beralasan, Partai Golkar telah membuat kontrak politik sebagai partai pendukung pemerintah. “Partai terikat kontrak. Meski berbeda pendapat tapi tak akan berbeda sikap,” ujarnya.

Sementara Koordinator ICW Danang Widoyoko mengatakan keberadaan pansus Century sesungguhnya tidak jelas tujuannya sehingga tidak diperlukan. Danang memilih masalah Century diselesaikan Komisi Pemberantasan Korupsi. “Mari kita dorong KPK untuk menuntaskan kasus ini,” katanya.

Dia mengatakan, pengusutan kasus dana talangan Bank Century Rp 6,7 triliun harus dilakukan dengan mekanisme hukum, bukan dengan cara-cara politik. Pembentukan pansus, kata dia, hanya akan menjadi alat tawar-menawar politik di antara sesama partai politik. Indikasinya, lanjut dia, sudah bisa dilihat dari inkonsistensi Dewan. Saat rapat kerja dengan kepolisian, kata Danang, Komisi III sibuk memuji-muji pihak kepolisian dan mengambil sikap yang berbeda dengan harapan mayoritas masyarakat.

Advertisements

About Andio HP Saade

Blog ini kupersembahkan untuk semua saudara, teman, kerabat dan keluarga tentunya my bigboy is Bilal Andi Ramadhan View all posts by Andio HP Saade

You must be logged in to post a comment.

%d bloggers like this: