PDAM Sidrap Merugi Ratusan Juta


Oleh : H.SALMAN (Alumni Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar)

 

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sidenreng Rappang (Sidrap) mengaku merugi hingga ratusan juta rupiah. Hal itu disebabkan maraknya pencurian air menggunakan instalasi ilegal di pemukiman warga, khususnya di wilayah Pangkajene. Direktur Utama (Dirut) PDAM Sidrap, Salman mengatakan, aksi pencurian itu terungkap setelah pihaknya melakukan pengecekan di lapangan karena ada indikasi kehilangan air yang cukup tinggi, khususnya dalam kota Pangkajene.

“Kami menduga kasus pencurian air ini sudah berlangsung lama. Itu terlihat dari tingginya pemakaian air yang tidak seimbang dengan hasil pencatatan meteran milik PDAM atau tagihan air yang terbayar di kantor. Makanya kita langsung cek di lapangan dan terbukti ada yang mengambil air secara ilegal,” beber Salman. Kecurigaan lain, lanjut Salman, diperkuat dengan adanya keluhan warga di sekitar lokasi pencurian yang mengaku aliran airnya akhir-akhir ini kurang lancar atau menurun. Hasilnya, razia yang dilakukan dengan melibatkan Satpol PP Pemkab Sidrap mendapati sedikitnya 15 pelanggan terbukti melakukan penyambungan pipa secara ilegal. Sebagai langkah tegas, PDAM terpaksa melakukan penggalian dan pembongkaran beberapa saluran air yang dimulai sejak Jumat pekan lalu.

Dari kegiatan pembongkaran itu, PDAM berhasil menemukan bukti-bukti adanya pencurian air di lokasi tersebut. Lebih lanjut menurut Salman, selain 15 pelanggan yang ditemukan telah menggerus air PDAM secara ilegal, petugas pengawasan air PDAM Sidrap dan Satpol PP juga masih mencurigai sedikitnya 20 pelanggan yang melakukan hal yang sama. Hanya saja, kata dia, hal itu masih memerlukan pembongkaran pipa untuk mengetahui kebenarannya.

Khusus 15 pelanggan yang ditemukan telah lama merugikan PDAM Sidrap, harus dilaporkan ke pihak berwajib. Meski tidak satupun yang diproses hukum lantaran mereka mengaku jika perbuatan ilegal tersebut dikerjakan oleh tukang. Salman menjelaskan, modus yang digunakan dalam pencurian air dengan memotong pipa distribusi utama dan menyalurkan langsung ke bak penampungan tanpa melalui alat pengukur penggunaan air atau meteran.(sumber:fajar.co.id)

Advertisements

About Andio HP Saade

Blog ini kupersembahkan untuk semua saudara, teman, kerabat dan keluarga tentunya my bigboy is Bilal Andi Ramadhan View all posts by Andio HP Saade

You must be logged in to post a comment.

%d bloggers like this: