Menyatukan HP Cerdas pada Sistem “Infotainment” Mobil


automotive engineeering online

Model kokpit atau dasbor dengan sistem infotainmen yang diadopsi dari HP cerdas

 

Sistem informasi dan infotainment pada mobil dalam dua tahun mendatang berubah lagi. Pasalnya, perusahaan elektronik yang selama ini sebagai pemasok komponen untuk produsen mobil terus berusaha merancang layar peraga seperti telepon seluler pintar (smart phone) untuk kokpit mobil. Misalnya, iPhone atau BlackBerry yang langsung menampilkan ikon untuk ditekan agar masuk ke sub-menu.

CD dan DVD “Player” Hilang
Tak kalah menarik, sistem infotainment mobil ini bisa dihubungkan langsung dengan telepon seluler cerdas. Untuk itu, peranti lunaknya (software) atau sistem operasi telepon bisa diinstal pada sistem informasi mobil. Dengan ini pula, kondisi mobil bisa diketahui hanya lewat telepon seluler atau handphone (HP) cerdas. Misalnya, apakah transmisi pada “P” (parking) atau “D” (drive) jalan.

Perkembangan koneksi HP pintar dengan sistem infotainment mobil diungkapkan oleh Bob Schumacher, Director of Advanced Product and Business Development untuk Delphi Electronic & Safety. Menurutnya, sistem tersebut sudah bisa digunakan pada 2015.

Dengan cara ini pula, produsen mobil bisa saja menghilangkan fitur pemutar ulang (playback) CD atau DVD yang buat ukuran perangkat keras infotainment menjadi besar. Musik, navigasi, bahkan internet bisa langsung diakses dari HP cerdas dan dilihat pada layar monitor mobil.

Layar sentuh
Kemungkinan itu bertambah besar karena mobil kini menggunakan prosesor 32 bit yang bisa bekerja untuk sistem operasi Linux, QNX, ataupun Windows. Karena itulah, bisa pula menggunakan layar LCD berwarna yang sensitif terhadap sentuhan. Bahkan sistem bisa pula dilengkapi dengan mikrofon, Bluetooth, dan WiFi.

Salah satu kunci yang memungkinkan HP cerdas diintegrasikan dengan mobil adalah virtual network computing (VNC). Menurut Craig Tieman, Advanced Concept & Market Development Manager pada Delphi Electronic dan Safety, aplikasi peranti lunak ini diarahkan untuk dihubungkan ke mobil. Aplikasi tersebut akan dites dan diberi sertifikasi. Dijelaskan pula, transfer kode akan mencegah virus menerobos ke komputer mobil dengan menggunakan VNC.

Sementara itu, Tim Bolduc, Senior Software Engineer untuk Delphi Electronic & Safety, mengatakan, kemungkinan juga ada aplikasi untuk laporan cuaca, termasuk peta radar Doppler yang sangat membantu pengemudi yang sedang melakukan perjalanan jauh.

USB dan Bluetooth
Telepon seluler cerdas yang dihubungkan ke kokpit mobil tidak bisa mencegah akses audio dan navigasi jika pengemudi tidak melakukannya. “Semua sistem, seperti radio satelit AM dan FM, pemutar ulang musik melalui kabel USB, Bluetooth atau WiFi dari iPod atau media portabel lainnya, akan disatukan,” jelas Schumacher.

“Produsen mobil juga bisa memilih paket aplikasi navigasi hanya dengan menyisipkan kartu memori kecil. Cara ini sudah dilakukan untuk radio Audi 1 yang dijual di Eropa,” jelas Schumacher. Ditambahkan, koneksi HP cerdas ini, baik konten maupun aplikasi dan layanannya, sudah bisa dipasarkan pada akhir 2012 dan 2013. (kompas.com)

Advertisements

About Andio HP Saade

Blog ini kupersembahkan untuk semua saudara, teman, kerabat dan keluarga tentunya my bigboy is Bilal Andi Ramadhan View all posts by Andio HP Saade

You must be logged in to post a comment.

%d bloggers like this: