Sharing Scanner di Network dengan BlindScanner di WinXP


Sharing printer di LAN local area network? Semua administrator jaringan/networking pasti bisa melakukan hal tersebut. Tapi bagaimana dengan sharing scanner di LAN? Pertama kali ditanya seperti itu saya jawab dengan yakin “ya” dan membayangkan pasti segampang sharing printer. Eh..ternyata tidak segampang yang dibayangkan. Googling kesana kemari hanya menghasilkan pesimisme bahwa scanner bukanlah perangkat yang bisa di “share” dalam LAN.Beberapa lama mencari dalam belantara google mendapatkan hasil bahwa scanner bisa di-share dengan bantuan aplikasi third party.

Berburu aplikasi yang bisa meng-share scanner bertemu dengan aplikasi “BlindScanner” yang freeware selain beberapa aplikasi berbayar.

Download BlindScanner dan install di komputer dimana scanner berada server. Pada saat instalasi pilihlah “Install server as service”, dan install BlindScanner di komputer client dan pilih “Install client” pada saat instalasi.

Yang perlu kita lakukan sekarang adalah setting parameter di komputer client sebagai berikut : Klik button “Add New Server”, kemudian isikan IP Address dari komputer dimana scanner terpasang Pada dropdown di bawahnya pilihlah jenis scanner Pada bagian “Destination folder dan format” pilih folder untuk menyimpan dan format file yang di-scan.

Pada bagian setting bisa dipilih resolusi scan dan color mode Tekan tombol “Scan” untuk memulaiBeberapa hal yang perlu diperhatikan adalah : Penamaan file hasil scanning dilakukan secara otomatis Tidak ada indikator proses scanning Antivirus PCMAV mengenali aplikasi ini sebagai trojanSpesifikasi hardware : Komputer : Windows XP SP2 Scanner : Epson Multifunction Printer TX300

via Sharing Scanner di Network dengan BlindScanner di WinXP « Angelhelen’s Weblog.

Advertisements

About Andio HP Saade

Blog ini kupersembahkan untuk semua saudara, teman, kerabat dan keluarga tentunya my bigboy is Bilal Andi Ramadhan View all posts by Andio HP Saade

3 responses to “Sharing Scanner di Network dengan BlindScanner di WinXP

You must be logged in to post a comment.

%d bloggers like this: